Amazon SearchBox

Jumat, 24 Juni 2011

PENYELESAIAN SOAL- SOAL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN


PERANGKAT YANG DIBUTUHKAN JIKA INGIN MENGGUNAKAN INTERNET DARI KOMPUTER PRIBADI

1. Perangkat computer pribadi
Untuk dapat mengakses internet, ada beberapa macam perangkat keras yang paling penting untuk digunakan antara lain:
A. Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagai berikut:
a. Processor, merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III atau setara dengannya.
b. RAM (Random Access Memory), berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 256MB.
c. Harddisk, digunakan untuk media penyimpanan data secara magnetik. Harddisk minimal 20GB.
d. VGA card, merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB.
g. Monitor, merupakan perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari komputer.
f. Motherboard, motherboard terdapat saluran-saluran penghubung yang menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya. Saluran penghubung ini berupa garis-garis yang tercetak pada PCB motherboard.
g. Optical drive, contoh DVD-ROM Combo
B. Modem
Modem ada 2 macam :
1. Modem Eksternal : modem yang terpisah dari perangkat computer
2. Modem Internal : modem yang tergabung pada bagian dalam computer.
Kelebihan kekurangan modem internal dan modem eksternal
Kata modem berasal dari singkatan MOdulator dan DEModulator yang jika digabungkan akan membentuk kata MODEM . Modulator sendiri merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinya pembawa (carrier) yang siap untuk dikirimkan. Sedangkan demolator adal bagian yang memisahkan sinyal informasi yang berisi pesan dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Dengan demikian modem merupakan penggabungan antara keduanya yang berarti modem adalah alat komunikasi dua arah. Sebenarnya setiap alat komunikasi jarak jauh dua arah biasanya menggunakan modem sebagai perangkatnya contohnya VSAT,microwave radio dan masih banyak lagi. Namun yang orang banyak ketahui modem adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat komunikasi pada computer.
Data dari computer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat bisa dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Pada saat tiba di modem tujuan, sinyal analog tadi diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada computer . secara fisiknya modem terbagi dua jenis yaitu modem ekternal dan modem internal. Modem eksternal adalah modem yang berada di luar CPU , sedangkan modem internal adalah modem yang terpasang langsung didalam CPU. Kedua jenis modem ini masingmasing memiliki keuntungan dan kerugian
Kelebihan mengunakan modem eksternal portabilitasnya cukup baik sehingga mudah dipindah-pindahkan untuk digunakan dikomputer lain. Selain itu modem eksternal juga tidak memerlukan adanya slot ekspansi yang harus dikorbankan sehingga dapat digunakan untuk keperluan lain apalagi jika mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. Namun modem eksternal juga memiliki kekurangan yaitu, harga modem eksternal dipasaran lebih mahal jika dibanding dengan moden internal sehingga memerlukan biaya yang lebih besar.selain itu modem eksternal juga memerlukan tempat sendiri untuk menaruhnya walaupun kecil namun hal ini akan cukup mengangu jika ruang yang tersedia sempit.
Berbeda dengan modem eksternal modem internal memiliki kelebihan lebih murah dibanding modem eksternal hal ini membuat kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Modeminternal juga lebih hemat tempat karena terpasang langsung pada CPU computer. Selain itu modem internal juga tidak membutuhkan adaptor seperti modem eksternal sehinga terkesan lebih ringkas dan praktis. Namun walaupun begitu modem internal juga memiliki kekurangan yaitu pada modem internal tidak terdapat indicator sebagaimana yang biasa kita jumpai pada modem eksternal sehingga akan sangat sulit mengetahui keadaan modem. Dan juga modem internal tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga harus dicatu dari power supply pada CPU hal ini membuat daya yang di gunakan pada CPU harus lebih banyak sehingga tidak hemat listrik

Cara instal dan setting modem pada windows XP :
1. Nyalakan computer.
2. Klik tombol start, pilih control panel, pilih network and internet connection
3. Klik network connection , klik create a new.
4. Tekan next.
5. Pilih set up my connection manually pada pilihan getting ready, tekan next.
6. Pilih modem yang digunakan , tekan next
7. Masukan nama ISP dan no tlp. Untuk dial ke ISP
8. Masukan username & password pada kotak.
9. Aktifkan ceklis add a shortcut to this connection to my desktop, tekan finish.

Melakukan konekasi ke internet :

1. Tampilkan desktop computer kamu
2. Klik 2 kali pada ikon koneksi telkomnet instan pada desktop computer kamu. Selanjutnya, akan ditampilkan jendela connect telkomnet instan.
3. Tekan tombol dial kemudian tunggu beberapa saat.
4. Ketika proses koneksi dengan internet berhasil dilakukan, biasanya akan muncul sebuah pasan dipojok kanan bawah layar monitor kamu.
5. Setelah koneksi berhasil, kamu dapat menggunakan internet untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan
FUNGSI ORGANISASI DALAM SISTEM INFIRMASI MANAJEMEN
Pengembangan SIM memerlukan sejumlah orang yang berketrampilan tinggi dan berpengalaman lama dan memerlukan partisipasi dari para manajer organisasi. SIM yang baik adalah SIM yang mampu menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh artinya SIM akan menghemat biaya, meningkatkan pendapatan serta tak terukur yang muncul dari informasi yang sangat bermanfaat.
Organisasi harus menyadari apabila mereka cukup realistis dalam keinginan mereka, cermat dalam merancang dan menerapkan SIM agar sesuai keinginan serta wajar dalam menentukan batas biaya dari titik manfaat yang akan diperoleh, maka SIM yang dihasilkan akan memberikan keuntungan dan uang.
Secara teoritis komputer bukan prasyarat mutlak bagi sebuah SIM, namun dalam praktek SIM yang baik tidak akan ada tanpa bantuan kemampuan pemrosesan komputer.
Prinsip utama perancangan SIM : SIM harus dijalin secara teliti agar mampu melayani tugas utama. Tujuan sistem informasi manajemen adalah memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam subunit organisasional perusahaan. SIM menyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk laporan dan output dari berbagai simulasi model matematika.

PERANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTISAN
1.       Manajemen tingkat bawah, Sistem Informasi Manajemen dipergunakan untuk keperluan pengendalian operasional. Pada tingkatan ini SIM dipergunakan dengan tujuan untuk penghematan disegala bidang yang mungkin untuk dilakukan. Contohnya pencetakan rekening listrik oleh PLN. Penerapan SIM dalam hal ini akan menghasilkan penghematan baik waktu maupun tenaga kerja.
2. Tingkatan manajemen menengah, penerapan SIM dipergunakan untuk keperluan pengendalian manajemen. Tugas seorang manajer menengah ialah mengelola semua sumberdaya milik organisasi agar benar-benar dipergunakan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh manajemen puncak oleh semua personilnya secara efektif dan efisien. Untuk dapat melaksanakan tugas seperti ini manajer harus mempunyai segala macam informasi tentang segala kegiatan organisasi dalam operasinya sehari-hari. Dalam hal inilah SIM dapat berperanan secara nyata untuk membantu manajer. Hal ini disebabkan karena komputer mempunyai kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar data dengan mudah, dan menggali informasi yang terkandung didalamnya secara cepat.
3. Manajemen tingkat puncak, yang tugas utamanya adalah untuk membuat perencanaan yang strategis.

Sistem informasi pada suatu organisasi berada didalam suatu departemen tersendiri, departemen sistem informasi/departemen pengolahan elektronik (Electronic Data Processing)
– Manajer SI / controller
- Manajer kantor (office manager)
- Bendaharawan (treasurer)
- Asisten bendaharawan (assistant treasure)
- Sekretaris (secretary)
- Manajer perencanaan / pengendalian (manger of planning and controls)
- Direktur keuangan (vice-president finance)

Sekian dengan singkat peranan SIM dalam sebuah perusahaan dengan harapan kemajuan perusahaan dapat terus berkembang yang akan berdampak pada kemajuan ekonomi digital di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar